Jumat, 09 Oktober 2015

Manfaat Teh Hijau Untuk Diet Dan Cara Meminumnya

Teh hijau merupakan minuman herbal alami yang banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. Salah satunya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam teh hijau terdapat polifenol yang tidak hanya baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, tapi juga dapat mempengaruhi penyerapan lemak tubuh.

Teh hijau juga membantu membakar ekstra kalori. Tiap satu cangkir teh kurang lebih 150 ml, dapat membakar 25-30 kalori, dan setiap 250 ml meluruhkan 40 kalori. Meskipun tidak terlalu significan, jika diimbangi dengan jogging dan olahraga kardio lainnya maka hasilnya lebih maksimal. 


Cara Minum Teh Hijau yang Benar

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, Anda juga harus memperhatikan cara minum teh hijau yang benar. Berikut ini cara minum teh hijau yang benar untuk menurunkan berat badan.

1. Minum teh hijau tanpa gula dan Perasa Tambahan.
Teh hijau yang paling bagus adalah teh hijau dengan rasa asli tanpa gula dan perasa tambahan. Teh hijau yang diolah pabrik biasanya sudah berkurang atau hilang kandungan antioksidannya. Sedangkan teh hijau yang dikemas dalam botol biasanya juga sudah diberi pemanis buatan dan zat-zat kimia lain. Bahkan mungkin kalorinya lebih tinggi daripada minuman soda atau sari buah.

2. Pilih Produk Teh Hijau yang Berkualitas
Pilihtah teh hijau dari produk yang sudah terpercaya karena lebih menjamin kualitas daun tehnya. Teh hijau yang berkualitas adalah yang minim atau tidak mengandung sekali bahan-bahan kurang penting. Tentu saja harganya mungkin lebih mahal dari pada teh hijau produk biasa.   

3. Minum Teh Hijau Saat Panas
Sebenarnya diminum dalam keaadan dingin atau panas teh hijau tetap sehat. Namun es dalam minuman bisa mencair dan bercampur dengan air teh sehingga kepekatannya berkurang. Sehingga dapat mengurangi khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan. Sebaiknya minum saat panas atau hangat.

4. Cara Menyeduh Teh Hijau
Beda jenis teh maka berbeda pula cara menyeduhnya. Untuk menyeduh teh hijau, seduh dengan air yang suhunya 80-90 derajat Celcius. Proses penyeduhan juga tidak boleh terlalu lama, rata-rata hanya 2-3 menit per sajian. 

5. Jangka Waktu Penyimanpanan Teh Hijau
Semakin segar daun teh, khasiat dan rasanya akan lebih baik. Oleh sebab itu segera konsumsi teh hijau yang baru di beli dan jangan menyimpan terlalu lama. Jika mengonsumsi daun teh atau yang telah dikemas dalam kantung, habiskan dalam jangka waktu maksimal enam bulan. Lebih dari itu, khasiat antioksidan teh hijau akan berkurang.

Jadwal Minum Teh Hijau Sehari-hari

Untuk mendapatkan manfaat teh secara maksimal, setidaknya minum enam hingga tujuh gelas per hari. Berikut ini jadwal konsumsi teh.

Sumber : http://www.caramenurunkanberatbadan9.com/2015/07/teh-hijau-untuk-diet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar