Sabtu, 10 Oktober 2015

Teh Hijau Bermanfaat Bagi Kesuburan Wanita


Anda sedang berusaha untuk hamil dan sudah browsing kesana-kemari mencari-cara cara untuk bisa segera hamil dan meningkatkan kesuburan. Dan mungkin sekarang Anda berpikir bahwa teh hijau bisa membantu Anda, betul begitu?

Baiklah, kita akan bahas mengenai manfaat dan efek samping konsumsi teh hijau terhadap kesuburan dan efeknya terhadap program hamil Anda.





Manfaat dan efek samping teh hijau bagi kesuburan dan kehamilan



Wajar apabila Anda sedikit merasa frustasi jika Anda sudah menjalani program hamil selama beberapa waktu namun masih saja gagal. Melengkapi menu sehari-hari dengan teh hijau adalah ide yang baik, karena teh hijau mungkin bisa membantu Anda untuk sukses hamil.

Teh hijau mengandung antioksidan yang meningkatkan peluang Anda untuk cepat hamil, walaupun belum ada bukti klinis bahwa teh hijau dapat meningkatkan kesuburan Anda.

Bahkan menurut beberapa informasi, terlalu banyak konsumsi teh hijau dapat meningkatkan kemungkinan cacat tabung. Zat tannic yang terkandung dalam teh hijau juga diketahui bisa meningkatkan kemungkinan keguguran.

Dengan demikian, berkonsultasilah dengan dokter kandungan untuk mengetahui apakah teh hijau aman untuk Anda.

Apakah teh hijau bisa membantu meningkatkan peluang Anda agar cepat hamil? Studi yang dilakukan di California menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi satu cangkir atau lebih teh hijau perhari, memiliki peluang dua kali lipat lebih besar untuk bisa berhasil hamil.


Manfaat Teh Hijau Untuk Kesuburan 

Ada banyak manfaat yang terkait dengan asupan teh hijau untuk wanita yang sedang dalam program hamil, berikut beberapa diantaranya:
  1. Teh hijau membantu mematangkan sel telur sehingga membuatnya lebih subur.

  2. Selain meningkatkan kesuburan pada wanita, juga bisa meningkatkan kesuburan pada pria yang bermasalah dengan rendahnya kuantitas sperma.

  3. Teh biasa mengandung jumlah kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau. Kafein memiliki banyak efek negatif dalam tubuh Anda, terutama ketika Anda sedang dalam program hamil. Studi menunjukkan bahwa terlalu banyak kafein berpengaruh pada kesuburan sel telur. Hal ini tidak terjadi dengan teh hijau.

  4. Tubuh Anda membutuhkan adanya sebuah cairan yang disebut sebagai lendir serviks untuk membantu perjalanan sperma melalui saluran reproduksi Anda untuk mencapai sel telur dan menjaga sperma tetap hidup selama minimal lima hari. Teh hijau akan menjaga Anda tetap terhidrasi dan mempersiapkan tubuh Anda agar bisa hamil dengan mudah.

  5. Teh hijau kaya akan polifenol yang membantu memerangi radikal bebas dalam tubuh Anda. Radikal bebas dapat merusak DNA dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan kanker.

  6. Teh hijau membantu pencernaan.

Konsumsilah teh hijau dalam jumlah normal, jangan berlebihan

Ingatlah untuk selalu mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah sedang (menengah) untuk bisa mendapatkan manfaat sepenuhnya tanpa khawatir akan efek sampingnya.

Anda harus menyadari fakta bahwa minum teh hijau terlalu banyak akan memberi efek negatif yang tidak Anda inginkan.


Berikut adalah beberapa efek samping teh hijau yang harus Anda waspadai

  • Konsumsi terlalu banyak teh hijau dapat mengurangi kandungan asam folat dalam tubuh Anda. Asam folat sangatlah penting untuk mendukung pertumbuhan janin Anda.

  • Jika Anda seorang vegetarian, ingatlah bahwa terlalu banyak teh hijau dapat mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh Anda. Sangat penting bagi Anda untuk mengasup cukup zat besi dalam tubuh Anda untuk mendukung pertumbuhan janin.

  • Satu cangkir teh hijau rata-rata mengandung 20 mg kafein, sedangkan teh biasa mengandung sekitar 50 mg kafein. Meskipun kandungan kafein dalam teh hijau lebih rendah, bila dikonsumsi secara berlebihan kafein dapat menyebabkan komplikasi seperti berat badan lahir rendah.

  • Pastikan untuk memasukkan banyak sayuran yang kaya akan asam folat dalam menu Anda sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar